Kopi Kapten, Kopi “Jujur”

Kopi ini kopi jujur, inilah pendapat saya tentang kopi cap Kapten. Kopi produksi pabrik kopi Santos Sepanjang Sidoarjo ini memang masuk varian kopi kelas bawah. Sekelas dengan kopi Ya ( yang juga produksi Santos) dan kopi Gelatik. Dengan harga sekitar 2000-an, memang kopi cap Kapten ini mencoba bermain di kelas kopi kebanyakan dengan hanya memiliki packaging ukuran 60 gram. Kopi cap Kapten ini sudah saya kenal sejak tahun 1990-an dari flyer yang ada di warung sekitar rumah. Varian dari kopi Kapal Api ini memang banyalk ditemui di warung sekitar kampung dimana kebanyakan konsumennya berasal.

Di saat kopi-kopi yang lain bergelut dengan jargon kopi murni tanpa campuran, maka kopi cap Kapten ini dengan “jujur” mengaku tidak murni. Adalah biji-bijian serealia( semisal jagung atau pai) yang menjadi bahan campuran biji kopi robusta. Dan robusta-nya pun berkualitas lokal. Pemakaian serealia sebagai campuran memang bukan hal aneh bagi masyarakat terutama di pedesaan. Sensasi tersendiri dan harga yang lebih terjangkau yang menjadi alasannya. Menurut ayah saya yang pernah berjualan kopi mentah, penambahan serealia sebagai campuran kopi digunakan untuk menghasilkan kopi lebih banyak tapi tetap memiliki rasa kopi meski dengan rasa yang biasa saja. Bahkan di beberapa wilayah Jawa Timur kopi jagung lebih mudah ditemui di warung kopi meski daerah tersebut adalah penghasil kopi berkelas. Memang saat diseduh kopi cap Kapten ini menghasilkan aroma ndeso tapi justru inilah daya tariknya bagi beberapa orang. Terlebih jika kopi ini diseduh dengan cara tubruk serta disajikan di gelas desa atau gelas belimbing biasa beralaskan lepek. Boleh juga ditemani rokok kretek jika bekenan bersama kawan-kawan. Sedikit cerita kopi cap Kapten ini adalah kopi yang digunakan oleh mak warung langganan saya di saat kuliah dulu.

  1. sy salah satu penggemar kopi kapten daerah saya di sulawesi tengah tepatnya di kabupaten morowali kopi kapten sangat banyak di gemari di sana salut dgn kopi kapten yg murah tapi berkualitas baik dan rasanya beda dgn kopi2 merk lain..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: