Filter Close Up : Solusi Belajar Makro Murah Minim Resiko

Beberapa hari yang lalu pesanan close up filter saya sampai di rumah dengan selamat meski harus datang agak malam maklum sore harinya hujan melanda. Barulah esok harinya filter close up ini saya coba. Kebetulan filter close up ini datang tidak hanya satu buah tapi satu set dengan isi 4 buah filter mulai dari ukuran filter +1,+2,+4,dan +10.
Sebenarnya saya sendiri sudah pernah mencoba filter close up ini beberapa tahun lalu,tapi karena statusnya pinjaman jadi kurang maksimal menggunakannya. Filter close up sendiri adalah salah satu cara untuk melakukan fotografi makro/mikro. Selain menggunakan lensa khusus makro (seperti Canon 100mm macro atau Nikon 105mm micro), extention tube,bellow,reversed lens, dan filter close up adalah sarana yang digunakan untuk fotografi makro.
Filter close up adalah lensa sekunder sederhana yang digunakan untuk fotografi makro tanpa membutuhkan lensa khusus. Cara kerjanya hampir sama dengan kaca pembesar atau lup yang membuat fokus lebih terlihat dekat. Hal ini membuat jarak fokus minimum semakin dekat dan membuat kamera lebih dekat dengan objek. Biasanya filter close up dipasang di depan lensa utama. Penggunaan filter close up ini dapat digabungkan seperti filter +2 dengan filter +4 tetapi dengan konsekuensi berkurangnya kualitas gambar dan semakin sempitnya ruang tajam. Kelemahan dari filter close up sendiri adalah efek chromatic abberation dan berkuarangnya ketajaman.

 

efek chromatic abberation

Tetapi beberapa filter close up yang bagus dapat menghasilkan foto yang baik tanpa tidak mengurangi ketajaman terlalu banyak.
Filter close up dapat diperoleh dengan harga mulai dari 150 ribuan sampai hampir 1 juta-an tergantung merek dan kualitas lensanya. Terakhir memantau di toko kamera langganan di kawasan Kramat Gantung Surabaya ada filter close up dengan harga 250 ribuan untuk ukuran 58mm. Ini beberapa contoh foto yang dihasilkan oleh filter close up :

    • nuryadi
    • Agustus 3rd, 2012

    bisa bantu aku nyari filter makro di surabaya nggak .soalnya di kramat gantung gak ada semua .aku butuh filter makro 58

    • setahuku di Surabaya ada di sinar bahagia kramat gantung, centralindo plasa surabaya,sentradigital plasa marina,ato coba di toko aksessori kamera depan hotel sahid mungkin ada. Kalo tidak cari aja di bursa Fotografer.net

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: