Halusnya Robusta Sumatra

Karena stok kopi di lemari dapur sudah tandas kemarin pagi maka diputuskan untuk cari pengisi toples kopi yang baru. Sebenarnya kemarin sore sempat mampir ke toko langganan depan gang tempat biasa beli kopi juga, tapi tujuan kemarin lebih untuk beli shampoo dan sabun cuci baju. Dan tadi pagi baru nyadar kalo toples kopi sudah tidak berisi.
Sempet mau mampir ke pasar dekat rumah buat beli biji kopi yang sudah disangrai tetapi kondisi tidak memungkinkan untuk menggiling kopi baik dengan blender atau gilingan kopi jaman SMA dulu. Jadi sekalian pergi ke toko sepeda buat cari rak belakang maka disempetin buat coba beli kopi di toko kecil di bilangan Akim Kayat yang memang khusus menjual kopi.
Toko kopi ini terbilang kecil,menempati sepetak semacam ruko kecil ukuran sekitar 2x3m,berdampingan dengan toko penjual pernik sepak bola. Memang sering memperhatikan toko kalo lagi lewat dan baru pertama membeli kopi di tempat ini.

Kopi yang ditawarkan ada dua macam yaitu kopi Sumatra dan Spesial. Keduanya dikemas dengan plastik ukuran 250 gram. Harga per bungkusnya Rp 8000,00 untuk Kopi Sumatra dan Rp 8500,00 untuk Kopi Spesialnya. Dengan dua lembar uang bergambar Tuanku Imam Bonjol, maka sebungkus kopi Sumatra seperempat kilo dan uang Rp 2000,00 sebagai kembalian berada digenggaman.
Kesan pertama saat mendapat kopi Sumatra ini adalah lembut gilingan kali kopi ini. Memang kopi yang dijual di toko ini memang sudah dalam kondisi tergiling saat dibungkus. Meskipun begitu di dalam toko tidak nampak alat penggiling kopi (gak tahu juga kalau di belakang).
Setelah membeli keperluan sepeda dan mampir ke rumah kerabat, barulah rasa penasaran terhadap kopi Sumatra ini dibuktikan di dapur rumah. Dari segi harga dapat dipastikan kopi ini varian robusta pasar lokal dan memang begitulah saat kopi ini dinikmati seduhannya. Kopinya khas kopi di warung-warung kopi yang ada di kota Gresik. Disangrai sampai pekat dan digiling dengan halus alias fine. Sampai-sampai bekas ampas kopi menempel dengan asik di bibir gelas.

tempelan ampas di cangkir


Kopi Sumatra toko kopi jalan Akim Kayat ini pas buat mereka yang ingin kopi yang kuat pekat harga bersahabat. Dengan gaya penggilingan kopi yang halus jaga cocok sekali buat mereka yang ingin menikmati kopi sambil nyethe(menghias rokok dengan ampas kopi).

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: