Kopi (gaya) Kuba,Manis Kuat

Image

Sempet bingung pengen eksperimen kopi model apa ya beberapa hari ini. Kepengan nyoba moka pot tapi setelah sms penjual online di bandung ternyata barangnya kosong. Sebenarnya sudah lama pengen bikin kopi dengan style Kuba setelah liat videonya di yutub. Tapi karena pakai moka pot di videonya jadi terpaksa nunggu ada duit buat bikin.

Meski sempat bingung karena moka pot yang dicari tidak ada stoknya,maka sedikit bereksperimen membuat Kopi dengan cara Kuba memakai Vietnam Drip. Toh masih sodara satu ideologi ini hehehe(sekadar guyon).

Akhirnya tadi pagi saatnya percobaan dimulai. Kopi yang saya gunakan kopi Robusta Lampung dari Kapal Api karena yang lagi ada di rumah memang itu. Sengaja bikin rada pekat dengan takaran sekitar 10gr buat satu seduhan vietnam drip. Yang ditekankan di penyajian kopi model Kuba ini adalah Efuma atau busa yang tebal. Efuma ini didapat dari hasil mengaduk gula di dalam gelas yang sudah mendapat beberapa tetes kopi. Jadi setelah sekitar 5-7 tetes kopi,vietnam Drip dipindah ke gelas lain.

Sambil menunggu sisa kopi menetes habis maka campuran kopi dan gula di gelas pertama diaduk dengan cepat sampai berwarna coklat dan berbuih kecil2. Setelah kopi menetes semua mulai dicampur dengan campuran kopi dan gula di gelas pertama sambil diaduk perlahan.

Lumayan hasilnya menurut saya yang iseng2 mencoba kopi ini. 

  1. tampak enak *glek*

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: