Panen Pasir

Image

Beberapa hari setelah gunung Kelud meletus , saya baru sempat mengunjungi rumah bapak di Pare Kediri. Sebenarnya ingin langsung ke sana saat mendengar berita gunung Kelud meletus tapi ibu mencegah saya dan kakak untuk datang. “Tidak apa-apa kok” kabar yang beliau kirimkan melalui pesan singkat pagi setelah erupsi Kelud. Pun juga kabar yang saya terima dari keluarga di Blitar pun baik-baik saja.

Tetap saja hati tidak tenang bila tidak melihat langsung kondisi rumah bapak dan ibu di Pare. Akhirnya di hari ke 5 paska erupsi dan adanya waktu yang cukup senggang, saya pun berangkat ke Pare. Di perjalanan lepas Blimbing Jombang ke arah selatan nampak tumpukan pasir di depan rumah warga. Semakin mendekati kota Pare kondisi serupa juga terlihat.

Sampai di rumah gundukan pasir pun juga sudah tertata di halaman depan. “Wong-wong podo panen pasir,lumayan nggo dandan omah(Orang-orang sedang panen pasir, lumayan buat memperbaiki rumah)”, kata bapak saat saya melihat gundukan pasir di halaman. Tak hanya di halaman depan rumah saja di samping serta belakang rumah juga terdapat gundukan pasir hasil letusan kamis malam 13 Februari 2014 itu. Nampak rumah pun tidak ada kerusakan, hanya saja pasir sempat menyumbat saluran air dari genteng. Tapi Alhamdulillah tidak terlalu mengganggu dan sudah dibersihkan dibantu tetangga sebelah rumah.

Image

Image

Saya jadi teringat paska letusan gunung Kelud tahun 1990 di Blitar waktu saya masih sekolah SD dulu. Sampai beberapa bulan pasir masih menghias pinggir jalan. Hingga waktu itu jika bersepeda harus lebih berhati-hati jika melintasi pasir yang masih ada di jalan. Di balik letusan ini ternyata masih ada manfaat yang bisa diambil. Seorang kawan dari Kediri pun juga “panen” pasir hingga dua pikap saat membersihkan rumahnya. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari peristiwa ini. 

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

