Bendo : Pisau Serbaguna

image

Bendo adalah sejenis pisau yang umum dijumpai di Jawa. Fungsinya beragam mulai jadi alat potong di dapur,membelah bambu,hingga sebagai pemotong kayu bakar. Hampir bisa dikatakan di setiap rumah utamanya di pedesaan memiliki alat perkakas ini.
Bentuknya yang runcing di ujung juga bisa digunakan untuk menggali umbi-umbian di tanah. Bahkan alat ini bisa digunakan siapa saja baik pria maupun wanita.
Konon ceritanya bendo ini salah satu turunan dari senjata milik Bagong anak ki Semar dalam kisah pewayangan. Bentuknya yang ringkas dan multi fungsi ini lah yang membuatnya jadi salah satu EDC(Every Day Carry) atau perkakas harian di masyarakat.
Saat berkemah alat ini bisa jadi teman yang berguna. Bisa dijadikan pemukul pasak,memotong tali,sampai membantu untuk membuat parit.
Tapi mungkin karena bentuk dan ukurannya bagi beberapa orang dianggap kurang efektif di kegiatan luar ruang. Berat dari bendo ini mungkin juga tidak terlalu dilirik.
Over all menurut saya pisau tradisional ini layak untuk dimiliki. Bisa dipakai di rumah atau juga di kegiatan luar ruang.

  1. banyak gunanya ya🙂

  2. baru tahu namanya bendo itu pisau kirain bendo buat kepala

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: