Kalender (2)

Sekali lagi ngomong soal kalender. Tahun baru kalender baru, tapi saya sedikit punya cerita soal kalender.
Tersebutlah sebuah perusahaan yang cukup terkenal di negeri ini, dimana setiap tahun membagikan kalender. Baik untuk karyawannya,perusahaan kolega, sampai warga sekitar. Setiap tahun pula banyak orang menunggu kalender dari perusahaan ini. Wajar saja karena penampilan kalendernya menarik. Layaklah dijadikan sebagai penghias di rumah. Foto yang menghias kalender pun tidak main-main. Biasanya karya dari fotografer ternama negeri ini baik yang punya nama di bidang komersil maupun artistik.
Tapi suatu ketika kalender dari perusahaan ini bikin banyak orang mengkritik. Saya pun mencoba melihatnya, dari segi visual fotonya artistik,indah, dan pengolahan digitalnya pas tak berlebihan. Nama seorang fotografer komersil papan atas negeri ini terselip di kredit nama fotografer kalender. Sekilas tak ada yang salah menurut saya.
Sesaat kemudian saya pandangi kalender tersebut, baru lah saya sadar apa yang membuat orang-orang mengerutu. Tipografi angka tanggal pada kalender ini penyebabnya. Bentuk angka telah dimodifikasi dengan model yang nampaknya lebih artistik menurut sang desainer kalender. Lalu penataan tanggal nya juga tidak seperti kalender kebanyakan. Apakah orang-orang tadi tidak memiliki selera artistik yang tinggi? Mungkin ya mungkin juga tidak.
Saya coba tanya salah satu kenalan yang kurang suka dengan kalender tersebut, ternyata alasannya jika kalender itu dipasang di dinding angka tanggal susah dilihat jika dari jarak yang agak jauh. Jadi orang harus mendekat jika ingin melihat angka tanggal dengan jelas. Selain itu tidak adanya hari pasaran Jawa (semacam pon,wage,legi,kliwon,pahing) juga bikin orang agak malas memilikinya.
Ternyata selain dari sisi artistik ternyata kalender juga punya fungsi budaya bagi masyarakat. Makanya terkadang ada kalender yang lengkap dengan penanggalan Jawa,Arab,sampai wuku selain penanggalan masehi seperti umumnya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: